Minggu, 24 Agustus 2014

Daftarin Orangtua yuk ke BPJS Kesehatan

09.02 - By zhae_onnet 21


Udah pada tahu kan yang namanya BPJS Kesehatan? Itu tuh yang dulu namanya PT. Askes. Setelah ada Undang-Undang No.24 Tahun 2011 tentang Jaminan Kesehatan Nasional PT. Askes berubah menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada awal tahun 2014.

Kami berdua (Saya dan istri) emang berencana mau mendaftarkan orang tua kami ke BPJS agar mendapatkan asuransi kesehatan. Karena kami belum tahu syarat dan prosedurnya, maka sehabis libur lebaran kemaren Saya dan istri maen-maen ke kantor BPJS Karawang, sekitar satu jam perjalanan naik motor dari Batujaya, karena Saya tinggal di rumah mertua di Batujaya..hehe *malu*.

Info dari pak Satpam di kantor BPJS Kesehatan Karawang, syarat mendaftarkan orang tua ada 4, yaitu :

1. Isi formulir pendaftaran yang disediakan,
2. Fotocopy KTP dan KK terbaru,
3. Pasphoto berwarna 3x4, dan
4. Surat kuasa (kalau daftarin orang tua),
+++Tambah satu info dari Saya :)+++
5. Duit buat bayar iuran peserta (*biaya pendaftaran gratis); TIPS : bawa ATM BRI/BNI/Mandiri yang saldonya masih cukup buat bayar iuran, biar ga usah ngantri lagi buat bayar di Bank

Formulir dan surat kuasa bisa diminta sama pak Satpam. kami minta dua formulir pendaftaran, karena satu formulir pendaftaran untuk satu keluarga yang terdiri dari Suami, Istri, dan 3 orang anak. Setelah dapet formulir dan surat kuasa, serta keterangan dari pak Satpam, kami berdua pulang buat mempersiapkan syarat-syarat pendaftaranya.

Selang beberapa hari, setelah formulir diisi lengkap dan syarat-syarat pendaftaran juga lengkap, Saya meluncur lagi ke Karawang. Setelah satu jam perjalanan, akhirnya sampe juga di kantor BPJS, kantornya sebelah kiri dari arah terminal Tanjung Pura sebelum lampu merah Pemda. Nyampe jam 9 pagi parkiranya udah penuh sama motor, tanda-tanda antrian di dalam udah panjang, padahal kan dateng pagi-pagi biar ga kejebak antrian panjang *hadeuuh*. Tapi gapapa deh, sebagai warga negara yang baik, Saya masuk dan ambil antrian di mesin antrian (FYI: mesin antrianya canggih, udah pake layar sentuh). Ada beberapa pilihan dilayar, paling atas ada pendaftaran peserta, pas dipencet keluar deh kertas antrian no. 76. Kalau agak-agak ragu, tanya sama satpamnya, baik orangnya helpful banget deh pokoknya. Setelah ambil antrian duduk nunggu nomor antrian dipanggil,antrianya baru jalan no.21, 55 no. antrian lagi :(. Dari jam 9 pagi baru dipanggil jam 11:30, butuh 2,5 jam kesabaran nunggu antrian.

Di meja pendaftaran berkas-berkas yang sudah kita siapkan diserahkan ke petugas (formulir yang sudah diisi dan ditempel foto+surat kuasa+fotocopy ktp+kk orang tua), selang sepuluh menit berkas yang kita berikan diserahkan lagi bersama dua cetakan nomor virtual akun atas nama orang tua. Informasi dari petugasnya, setelah dapat virtual akun, kita disuruh bayar iuran BPJS via bank (BRI/BNI/Mandiri) yang besarannya tergantung kelas yang dipilih, kelas 1=52.500, kelas 2=42.500, kelas 3=25.500 (cmiiw, agak lupa). Kalau punya ATM BRI atau Mandiri, bayarnya bisa disitu juga (beda meja dan petugas). Karena ATM Saya BNI, jadi cari keluar dulu deh, info dari petugasnya di sebrang jalan di POM bensin ada ATM BNI, eh iya..nyebrang jalan, udah keliatan pom bensin sama plang ATM BNI. di ATM BNI pilih menu pembayaran, cari pilihanya BPJS Kesehatan, trus masukin deh nomor virtual akunnya, setelah itu muncul konfirmasi, kalau udah bener tinggal di Ok-kan saja. Ingat ya..setiap satu orang satu virtual akun, jadi karena Saya daftarin orang tua, maka ada 2 virtual akun (suami dan istri) dan dua kali bayar. Satu lagi, struk ATMnya jangan sampai ilang. eh..satu lagi pembayaran iuranya itu tiap bulan (sebelum tanggal 10 setiap bulan).

Balik ke kantor BPJS lagi bawa struk ATM dan berkas-berkas persyaratan, ambil antrian lagi (pilih menu pencetakan kartu), tunggu antrian lagi deh..tapi untuk pengambilan kartu lebih cepat, ga sampai 15 menit udah dipanggil. Berikan berkas-berkas formulir dan persyaratan beserta struk bukti pembayaran ATM ke petugas, selang sebentar dipanggil buat ambil kartu peserta BPJS. Sudah deh, selesai perjuangan setengah harian. Cape nunggu rasanya, hehe.. jam 12 lebih dikit keluar, ambil motor, bayar parkir 2000, trus pulang.

Tags:
About the Author

zhae_onnet. Follow me @Jaenudin_Rabu
View all posts by admin →

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

21 komentar:

  1. Benar. saya juga akan mnedaftarkan Orang tua saya.. sekian tahun hidup berpisah bikin sedih kalau lihat ortu sakit..Demi ortu.. apapun harus diperjuangkan..

    BalasHapus
  2. Surat kuasanya seperti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Formatnya disediakan oleh BPJS, bisa ditanyakan ke petugasnya

      Hapus
  3. hadeuh,,,td sy lupa ambil form surat kuasa nya

    BalasHapus
  4. Thx infonya,kebetulan saya jg mau mendaftarkan buat orang tua

    BalasHapus
  5. Ada yang bisa bantu gak ngurus pendaftaran BPJS kesehatan keluarga saya di Karawang

    BalasHapus
  6. Mau tanya itu pas photo kita atau orang tua kita ya. . Yg persyrtn nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas photo orang yang ada di kk (ayah,ibu,anak)

      Hapus
  7. Mau tanya, jika Kita terdaftar sebagai peserta BPJS perusahaan dan ingin mendaftarkan kedua orang tua BPJS mandiri apakah bisa ?
    Pendaftaran apakah harus sesuai dengan domisili orang tua di KTP ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Bisa..
      2. Tidak tahu, mungkin bisa langsung ditanyakan ke kantor bpjs setempat

      Hapus
  8. Sip deh ...klo gitu ayo pada daftar bjps untuk asuransi kita maupun keluarga terdekat kita ..ok

    BalasHapus
  9. Mohon infonya gan..kalau orangtua yg sudah kehilangan ktpnya bisa kita daftarkan tidak masukbje anggotan bpjs anaknya..trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KTP kan bisa diurus lagi.
      Bisa aja masuk ke BPJS anaknya asalkan orang tua masuk dalam KK anak.

      Hapus
  10. makasih buat infonya gan,,
    sangat membantu,,

    BalasHapus
  11. mau tanya...
    KK saya berisi 3 org. Ayah ibu dan anak. Status saya adalah anak, apakah bisa saya yang mendaftarkan ayah dan ibu saya? Apakah harus ayah saya sebagai kepala keluarga yg harus mendaftarkan anggota keluarganya?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, pake surat kuasa.
      Ayah menguasakan kepada anak untuk ngurus bpjs

      Hapus
  12. Saya sudah pisah KK sama orang tua, bisa gx saya daftarin orang tua saya tanpa harus mereka masuk dalam KK saya..
    Thanks.

    BalasHapus
  13. Kak jika surat kuasanya dibikin dari rumah bisa nggak?

    BalasHapus
  14. saya mau dftarin orgtua saya dikmpung,, tp sy udh psh kk sendiri,, bisa g ya?
    apkh org tua jg jrs wajib punya rekening sendiri,,, sedangkn disni sy sbg ank yg ingin menanggungnya,,,tlg infony,, mksh

    BalasHapus

Recent news

Blogroll

Discussion

© 2014 zhae_onnet. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Powered by Blogger.
back to top